KONSEP ORGANISASI & MANAJEMEN
SEHUBUNGAN DENGAN SISTEM INFORMASI
A. KONSEP ORGANISASI
1. DEFINISI ORGANISASI
Organisasi merupakan alat yang digunakan manusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
2. BENTUK ORGANISASI
Berdasarkan suatu jumlah pemegang pimpinan organisasi, ada 2 bentuk pokok:
1). Bentuk Tunggal
Bentuk ini biasanya terdapat pada organisasi yang masih sederhana. Pimpinan berada di satu orang, kekuasaan, pengawasan dan tanggung jawab.
2). Bentuk Komisi
Organisasi yang mempunyai pimpinan berupa sebuah dewan yang terdiri dari beberapa orang. Bentuk ini banyak dipakai organisasi yang mempunyai tugas membuat peraturan atau pertimbangan.
3. STRUKTUR ORGANISASI
Struktur Keorganisasian adalah susunan subsistem-subsistem dengan hubungan antara wewenang dan tanggung jawab.
1). Struktur Keorganisasian - Model Dasar
2). Bentuk Komisi
Organisasi yang mempunyai pimpinan berupa sebuah dewan yang terdiri dari beberapa orang. Bentuk ini banyak dipakai organisasi yang mempunyai tugas membuat peraturan atau pertimbangan.
3. STRUKTUR ORGANISASI
Struktur Keorganisasian adalah susunan subsistem-subsistem dengan hubungan antara wewenang dan tanggung jawab.
1). Struktur Keorganisasian - Model Dasar
- Struktur Hirarki: struktur keorganisasian dasar adalah sebuah struktur hirarki dengan manajemen puncak paling atas dalam bagan, manajemen menengah ditengah dan manajemen bawahan ditempat paling bawah.
- Spesialisasi: organisasi membagi pekerjaan atas tugas-tugas khusus hingga menimbulkan spesialisasi.
- Hub. Lini & Staf: lini menjelaskan wewenang perintah langsung dari fungsi-fungsi dalam organisasi. Contoh: manajer penjualan menerima laporan dari para sales. Wewenang mengalir dari atas ke bawah.
- Wewenang & Tanggung Jawab: wewenang adalah hak untuk memerintah. Bila seseorang memiliki tanggung jawab untuk sebuah kegiatan, ia harus memiliki wewenang.
- Rentang Kendali (span of control): menunjukkan banyaknya bawahan yang diawasi oleh seorang supervisor.
Tiga variasi pokok dalam model dasar Keorganisasian yaitu:
1. Organisasi fungsional ~ seorang manajer bertanggung jawab untuk fungsi tertentu.
2. Organisasi divisional ~ tiap-tiap divisi bertanggung jawab terhadap semua fungsi dalam divisinya. Biasanya organisasi ini Dibentuk berdasarkan produk/jasa yang dihasilkan.
3. Organisasi proyek ~ dalam organisasi ini sumber-sumber daya adalah proyek-proyek yang harus ditangani oleh perusahaan dengan dipimpin oleh seorang pimpinan proyek.
B. KONSEP MANAJEMEN
1. DEFINISI MANAJEMEN
Manajemen adalah suatu ilmu dan seni menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.
Menurut ricky W. Griffin manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.
B. KONSEP MANAJEMEN
1. DEFINISI MANAJEMEN
Manajemen adalah suatu ilmu dan seni menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.
Menurut ricky W. Griffin manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar